14.5.14

Photo Technique: The Table Shot

Hello! Today, I would like to tell you about my new hobby: Instagramming. Iya, aku memang suka banget sama yang namanya Instagram. Soalnya, aku pribadi suka sama fotografi. Aku juga hm... sepertinya anak visual. Jadi, jelas suka kalau lihat foto. Karena aku punya Instagram, jadi tiap hari pasti aku buka Instagram. Untuk jenis foto yang aku sukai, biasanya sih yang tentang travelling gitu aku suka. Foods, paintings, fashion aku suka. Biasanya aku suka yang cahayanya itu cukup, atau bahkan fotonya itu terang. Apalagi pake natural light. Terus difotonya itu di meja dan dari atas, or usually people call it "The Table Shot".

What does "The Table Shot" mean? "The Table Shot" means a top-down shot using natural light. Compose asymmetrically or with perfect symmetry–do it with purpose (source: click here). Jadi kalau kalian sering lihat foto yang fotonya itu difoto dari atas, biasanya foto makanan, nah itu foto yang memakai teknik "The Table Shot". Why do people love this technique? Um, I think this technique is quite simple yet stunning, kalau dilakukan dengan benar.

Dilakukan dengan benar? Ya, menurut aku, teknik ini dilakukan akan lebih bagus kalau dengan pencahayaan yang cukup. Biasanya menggunakan cahaya alami dari matahari. Dengan menggunakan cahaya yang pas,
akan dihasilkan foto yang bagus juga. Kalau fotonya malam, mungkin kamu bisa mencoba menggunakan flash. Karena fotonya dilakukan dari atas, mungkin shadow atau bayangan yang dihasilkan tidak terlalu mencolok. Selain tentang cahaya, penataan objek yang mau difoto itu juga penting. Kalau bisa ditata sebaik mungkin. Setelah itu, juga perlu diperhatikan tentang banyaknya objek, lalu latar belakangnya juga. Misalnya kalau menurut kamu satu objek itu terlalu sedikit dan malah terkesan sepi, tambahkan hiasan yang nggak bikin too much. Latar belakang juga penting, ya, misalnya, kalau mejanya sudah bermotif atau sudah ada taplaknya misalnya, ya objeknya jangan terlalu motif juga, nanti terkesan terlalu ramai. Kalau mejanya hanya berwarna putih, boleh lah, diberi objek yang motif-motif, asal jangan terlalu banyak juga. Semua ini tentang kecocokan, kepaduan, dan porsi kalau menurutku. Dan untuk melakukan teknik ini diperlukan feeling. Kalau menurutmu sudah cocok, sudah pas, ya silakan difoto. Kalau belum, coba rearrange lagi sampai benar-benar pas.

Ini beberapa foto Instagram-ku yang menggunakan teknik "The Table Shot":

Kamu bisa mengandalkan bayangan dari teralis atau jendela sebagai pemanis.
Kalau foto dari atas agak kurang bagus karena mejanya kecil, bisa diakali dengan foto dari tempat duduk. Kakimu juga bisa jadi hiasan kok :)
Kalau di hp-mu nggak ada flash padahal kalau kamu foto sambil berdiri ada bayangan karena lampu tepat berada di atasmu, bisa diakali dengan foto dari angle agak samping.

Itu sedikit ilmu dari aku yang masih pemula ini, yang pastinya masih banyak kekurangan haha :) kamu bisa lihat foto-fotoku di instagram.com/nisrinamalia. Dan fotoku juga nggak semuanya bagus, karena ada juga yang under exposure, mungkin ada yang over exposure, atau nggak pas. Hehe.

Thanks for reading!

1 komentar: