15.10.12

Berbagai Macam Gaya Foto Unik

Mungkin beberapa orang ada yang sudah tahu bahkan sudah pernah melakukan, sebagian lagi belum. Gaya-gaya foto di bawah ini adalah hasil kreativitas orang-orang di seluruh dunia yang patut diacungi jempol. Bagi yang ingin berfoto dengan 'beda', bisa dicoba nih gaya-gaya berikut ini:
  1. Levitation
    Gaya foto ini bisa disebut juga antigravitasi atau levitasi. Gaya ini populer berkat Natsumi Hayashi, fotografer yang berasal dari Tokyo yang sejak tahun 2010 senang meng-upload foto melayangnya di web pribadinya, yaitu yowayowacamera.com. Di Indonesia sendiri ada komunitas Levitasi Hore yang berisikan penggemar gaya foto ini.
    Creative Levitation Photo
    1. Atur kamera di tripod, atau minta tolong teman motretin. Nggak harus pakai kamera DSLR, tapi agak lebih sulit kalau pake kamera pocket.
    2. Gunakan shutter speed tinggi minimal 1/500.
    3. Kalau pakai kamera DSLR, kita bisa gunain Burst Mode (Continuous Shooting), tinggl pilih foto mana yang paling melayang.
    4. Biar nggak kelihatan lagi loncat, rambut bisa dicepol atau diberi gel. Baju juga dijepit supaya nggak berantakan.
    5. Lihat referensi foto levitasi buat tahu ekspresi posedan ekspresi yang pas.
    6. Jump and shoot at the right moment!
  2. Forced Perspective
    Gaya ini membuat objek-objek yang ada jadi kelihatan lebih besar atau lebih kecil dari ukuran sebenarnya, yang akhirnya menciptakan sebuah ilusi optik. Contohnya, sih, kayak foto lagi megang Menara Eiffel, meluk Menara Pisa, dsb. Cara mengerjakannya sederhana. Objek pertama ditaruh di dekat dengan kamera, jadi bakal terlihat besar. Sementara itu objek satunya berada jauh dari kamera. Gaya ini bisa pakai kamera apa aja, handphone pun bisa.
    You Can Try
    1. Play with the landmark. Kita bisa seolah-olah meluk, nyender, atau bahkan "makan" bangunan itu.
    2. Kita juga bisa main-main dengan objek alam, misalnya lagi megang matahari, meniup awan, dll.
    3. Kalau ada teman, kita bisa seolah-olah berdiri di atas telapak tangannya, atau tubuh kita pura-puranya diinjak dengan kaki 'raksasa'-nya. Be creative!
  3. Horsemanning
    Gaya ini agak sedikit nyeremin, karena kepala kita akan terlihat seolah-olah copot dari badan. Pose yang sempat populer tahun 1920-an ini namanya diambil dari Headless Horseman, seorang karakter tanpa kepala di "The Legend of Sleepy Hollow." Pertengahan tahun 2012 gaya ini ngetren lagi. Caranya, ajak salah satu temanmu buat coba gaya ini. Orang pertama akan harus menyembunyikan kepalanya, dan orang kedua bakal jadi kepalanya tetapi posenya nggak jauh-jauh dari 'badan'-nya. Foto horsemanning yang keren butuh kerjasama, kreativitas, dan ketepatan angle. Jadi, lebih baik minta tolong teman lain buat motretin dibanding pakai tripod.
    Easy Horsemanning Steps
    1. Duduk di sofa, taruh kepala kita ke belakang sampai nggak kelihatan dari sudut pandang kamera. Hati-hati keseleo, ya, he-he-he.
    2. Minta teman buat duduk di belakang sofa dan cuma memperlihatkan kepalanya saja di kamera.
    3. Pegang kepala teman seolah-olah kita sedang memegang kepala kita sendiri yang terlepas dari badan.
    4. Get your picture taken! Kalau sukses, coba explore tempat lain yang lebih seru.
  4. Planking
    Sebelum horsemanning ngetren, pose ini yang paling mewabah. Caranya gampang, kok, kita tinggal berbaring melungkung, semuanya lurus kaku seperti papan. Yang bikin seru, planking ini banyak dilakukan di tempat yang nggak biasa, seperti eskalator, atas kursi, trotoar. Tapi, harus hati-hati, ya, karena pada bulan Mei tahun 2011, Acton Beale asal Australia meninggal dunia karena terjatuh dari lantai 7 untuk melakukan planking di balkon. We can plank everywhere tapi keselamatan tetap jadi nomor satu, ya!
    Planking Safety Tips
    planking
    1. Pilih tempat dengan permukaan datar dan agak lebar.
    2. Untuk pemula, jangan planking di atas benda yang bisa bergerak, seperti sepeda atau eskalator.
    3. Stay away from heights!
  5. Tebowing
    Pose yang terkenal sekitar Oktober 2011 ini namanya diambil dari pesepakbola terkenal asal Amerika, yaitu Tim Tebow. Pada waktu itu Tim Tebow sedang berdoa di tengah pertandingan dan tertangkap kamera.
  6. Owling
    Owling ini merupakan variasi dari planking. Kelihatan, kan, dari namanya, kita yang akan menggunakan gaya ini harus jongkok layaknya burung hantu. Ekspresinya juga harus natural cenderung datar. Gaya ini juga bakal keren kalau dilakukan di tempat-tempat yang nggak biasa, seperti planking, tetapi hindari lokasi berbahaya, ya!
  7. Teapotting
    Kalau gaya teapotting ini posenya kelihatan dari namanya, yaitu teapot atau dalam bahasa Indonesia disebut teko, jadi, kita bergaya seperti teko. Satu tangan memegang pinggang, satunya lagi membentuk mulut teko. Dibandingkan tebowing atau owling pose ini biasanya dilakukan di tempat-tempat yang wajar dan aman.

    teapotting

    tebowing
Tim Tebow
owling

sumber: majalah Gogirl! edisi ke-93 Oktober 2012 (dengan perubahan)

1 komentar:

  1. oalah aku baru ngerti .___. ternyata ada gayanya klo mau foto

    BalasHapus