15.6.12

10 Makanan yang Dapat Membuat Kita Happy

Kalau kamu sedang unhappy, bisa dicoba, nih, makanan-makanan berikut!


  1. Coklat
    Makanan yang satu ini enggak perlu diragukan lagi dalam hal membuat mood orang yang memakannya jadi lebih baik. Cokelat mengandung anadamine yang bisa memberikan efek positif. Kandungan gulanya juga meningkatkan hormon endorphin yang membuat kita lebih happy. Don't eat too much, though. Happiness Rating: 
  2. Anggur
    Buah yang satu ini juga bisa dimasukkan dalam daftar makanan yang bisa dimakan untuk memperbaiki  mood. Vitamin C, potassium, poly-phenols (zat antioksidan),
    termasuk kandungan gula alami paling banyak ditemukan dalam anggur merah dan hitam.
    Happiness Rating: 
  3. Es krim
    Siapa, sih, yang enggak suka es krim? Dibuat dari susu, es krim juga kaya akan riboflavin, vitamin A, vitamin B12, kalsium, dan protein yang bisa membantu kita mengontrol emosi dan bagus untuk tulang serta peredaran darah merah.
    Happiness Rating: 
  4. Stroberi 
    Sama kayak cokelat, stroberi banyak mengandung vitamin C yang membantu untuk memproduksi hormon endorphin, sehingga membuat kita jadi lebih bersemangat. Stroberi juga merupakan sumber potassium yang membantu kita mengatasi stres. Plusss, warna merahnya bisa mempengaruhi mood kita jadi lebih baik.
    Happiness Rating: 
  5. Pisang
    Pisang mengandung tryptophan dan karbohidrat. Kandungan potassium-nya yang tinggi juga bisa menghindari kita dari keram dan bagus untuk kesehatan. Two bananas a day to keep the doctor away! 
    Happiness Rating: 
  6. Kacang
    Kandungan vitamin B, protein, dan selenium (mineral yang dikenal memiliki pengaruh besar menciptakan mood positif) di dalamnya jadi alasan kenapa sebaiknya mengkonsumsi kacang di saat mood lagi down. FYI, kacang Brazil punya kandungan selenium paling banyak.
    Happiness Rating:  

  7. Ikan salmon
    Ikan adalah sumber omega 3, yang bisa memberikan efek positif buat mood kita. Penelitian di Finlandia menemukan kalau orang yang mengkonsumsi ikan lebih banyak, kecil kemungkinannya mengalami depresi. Bonusnya, selain bikin mood lebih baik, omega 3 juga bagus buat hati dan otak.
    Happiness Rating: 
  8. Brokoli
    Brokoli adalah salah satu sayur yang kaya akan vitamin B, jenis vitamin yang bisa berperang melawan stres. Penelitian menunjukkan kalau folate dalam brokoli bisa membuat kita lebih mudah mengatur temperamen.
    Happiness Rating:  
  9. Susu
    Susu kaya akan tryptophan dan amino acid yang diperlukan otak untuk membuat serotonin. Serotonin adalah unsur alami yang bisa membuat kita senang dan tenang. Antioksidan, vitamin B12, dan vitamin D yang terkandung dalam susu juga bisa membantu mengatasi stres, lho.
    Happiness Rating: 
  10. Pasta
    Pasta merupakan sumber yang baik untuk karbohidrat kompleks, yang bisa membantu kita mengembalikan energi yang hilang. Pasta juga mengandung tryptophan dan l-phenylalanine yang membantu mengurangi mood depresi.
    Happiness Rating:  

Sumber: "Happy Meals" majalah kaWanku no. 125 - 2012 | 16 - 30 Mei 2012 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar